Sunday, February 28, 2016

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS 2



MEMBUKA BISNIS JASA PEMBUATAN KONTEN WEBSITE
Adelia Putri
15.02.9026
D3 Manajemen Informatika
STMIK Amikom Yogyakarta 


ABSTRAK



Konten website bisa dalam bentuk teks, gambar, dan video. Namun dari kebanyakan konten website rata-rata menggunakan teks. Jika memiliki kemampuan dalam menulis artikel, membuat video, dan gambar, maka peluang bisnis online inilah yang harus dijalankan. Ada banyak sekali pemiliki website yang tidak memiliki waktu atau tidak memiliki skill yang baik dalam membuat konten untuk website mereka.

Selain konten dalam bentuk teks, konten video dan gambar logo juga cukup banyak yang membutuhkan. Salah satu konten video dan gambar yang sering dicari adalah membuat video marketing dan juga gambar logo yang berhubungan dengan bisnis yang akan dipasarkan. Seseorang yang memiliki kemampuan dalam membuat konten video marketing dan juga gambar logo harus memanfaatkan kesempatan bisnis ini.

Membuka Bisnis Jasa Pembuatan Konten Website

ISI

Seiring dengan meningkatnya pengguna internet dan juga pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini, perkembangan bisnis di Indonesia juga mengalami kenaikan yang cukup pesat, terutama pertumbuhan bisnis online nya. Tidak hanya pada bisnis teknologi informasi (TI) dimana media informasi yang dulunya melalui koran konvensional sekarang menjadi koran online seperti; Tempo.co, Detik.com, TribunNews.com, Republika.co.id, Kompas.com, dan masih banyak lainnya, tetapi juga pada bisnis online (eCommerce) dan juga bisnis offline yang go online.

Kita pasti sudah sering melihat sebuah bisnis offline yang kemudian dipasarkan secara online untuk meningkatkan penjualan ataupun untuk membuat brand lebih terkenal. Contohnya ada yang menjual makanan melalui internet atau online, bahkan makanan seperti rendang. Singkatnya peluang bisnis online saat ini terbuka sangat lebar dan bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin berbisnis.

Bisnis online itu tentunya bisnis yang dijalankan melalui media internet. Setiap orang yang memiliki koneksi internet dan juga memiliki produk yang ingin dijual secara online bisa menjalankan bisnis online. Target marketnya pun tidak terbatas karena kita bisa menjual produk kita kemana saja baik lokal maupun internasional. Menjual produk melalui internet dapat menjangkau calon pembeli secara online dan memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Meningkatnya bisnis offline yang go online, meningkat pula penggunaan website untuk berbisnis. Namun realitanya masih banyak pemilik website yang kurang maksimal dalam memanfaatkan website. Ada banyak sekali pemiliki website yang tidak memiliki waktu atau tidak memiliki skill yang baik dalam membuat konten untuk website mereka. Bagi yang memiliki kemampuan dalam membuat konten website, maka peluang bisnis online inilah yang harus dijalankan.

Kebanyakan konten website rata-rata menggunakan teks. Namun selain konten dalam bentuk teks, konten video dan gambar logo juga cukup banyak yang membutuhkan. Salah satu konten video dan gambar yang sering dicari adalah membuat video marketing dan juga gambar logo yang berhubungan dengan bisnis yang akan dipasarkan. Seseorang yang memiliki kemampuan dalam membuat konten video marketing dan juga gambar logo harus memanfaatkan kesempatan bisnis ini.

Ketika membuat konteen, tentunya juga harus memperhatikan sisi content marketingnya. Content marketing adalah pesan yang disebarkan untuk menunjang kegiatan pemasaran yang dapat ditujukan untuk semua jenis, semua pembaca, berbagai waktu. Konten tersebut dapat berbentuk seperti postingan social media, tulisan pada blog, penjelasan produk dan artikel pada website, slideshow, webinar, podcast, video, foto, dan banyak lagi.

Jumlah konten yang sangat banyak hanya akan menambah panjang antrian pesan yang ingin disampaikan. Dengan begitu banyak konten dalam berbagai bentuk sehingga akan mudah menjauhkan penulis dari tujuan utama melakukan kegiatan pemasaran. Jadi perlu diketahui tentang bagaimana caranya agar bisnis yang sedang dipasarkan bisa mendapatkan perhatian, lebih diingat, dan jadi bahan pembicaraan dengan strategi marketing dan content marketing yang dijalankan.

Topik yang menarik adalah nyawa dari content marketing, “Ide apa saja yang bisa dikeluarkan dan memiliki kaitan untuk membantu orang lain?” dan juga harus mencoba memikirkan sesuatu atau menemukan sudut pandang baru. Selain itu, pikirkan juga hal lain yang bisa mencegah penulis melakukan kesalahan, memecahkan masalah dan juga membagi kesuksesan. Ide-ide yang relevan akan menjaga konten agar tetap pada tujuannya, yakni menginformasikan bisnis kepada target market . Untuk membuat konten yang menarik lainnya, bisa mendapatkan ide langsung dari target market, baik dari pelanggan mau pun calon pelanggan.

Dalam kegiatan pemasaran, ‘solusi’ adalah sesuatu yang membuat orang bersedia untuk membayar. Dalam dunia konten, penulis harus memberi informasi yang membantu untuk memberikan solusi pada permasalahan mereka dan juga mencegah agar permasalahan tersebut tidak terjadi lagi pada mereka. Jadi, penulis tidak hanya menyediakan konten yang berorientasi pada solusi, tetapi konten yang membantu pembaca menghindari masalah yang mereka alami agar tidak terulang lagi pada kesempatan lain.

Pembaca cenderung sangat termotivasi untuk menghilangkan atau mengurangi berbagai masalah yang mereka miliki dengan menerima solusi dari penulis. Sebagai contoh, bayangkan sebuah bank menawarkan pinjaman yang dapat diterima dengan tanda tangan pada satu halaman. Tentu saja ini menjadi sangat menarik karena mereka bisa menyelesaikan masalah kebutuhan dana hanya dengan menandatangani 1 halaman. Pastikan manfaat yang ditawarkan pada konten dapat menjawab kebutuhan target market. Buat konten menjadi bermanfaat dan juga menarik sehingga konten menjadi menonjol dan mendapatkan perhatian.

Untuk memulainya bisa dengan melakukan komunikasi kepada teman dan keluarga mengenai konten yang ingin disebarkan. Hal lain yang perlu diingat adalah, tidak kata-kata yang diperhatikan selain kata-kata dari orang yang dikenal seperti dari seorang teman atau sanak saudara. Bukan hanya karena konten yang menarik, tapi hubungan yang dimiliki dengan mereka tentunya juga baik. Maka dari itu, penulis juga harus memperhatikan hubungan pemilik produk dengan target market. hubungan yang baik adalah peluang untuk membangun keterlibatan, dan keterlibatan akan membuat konten diperhatikan dan disebar.

Sebagai contoh, sebuah restoran dapat membangun hubungan dengan pelanggan untuk membuatnya berkunjung terus menerus dengan berbagai cara. Dalam proses ini, hubungan yang baik mampu meningkatkan loyalitas pelanggan. Pemilik restoran yang cermat pasti akan membuat website dan blog sebagai tempat bagi pelanggan untuk menemukan menu baru dan menu yang terserdia, artikel tentang nutrisi, dan lain-lain. Para pengunjung akan mencoba untuk mengakses situs untuk mengetahui konten pada situs Anda yang nantinya akan menggiring mereka hingga merasa lebih terhubung dengan restoran tersebut. Hal ini tentunya akan menambah kemungkinan pemilik produk untuk mendapatkan pelanggan baru karena terhubungnya pelanggan dengan situs yang disediakannya.

Berbagai gambar yang digunakan baik desain logo, penggunaan warna, merek, dan berbagai elemen visual lainnya tentunya harus lebih diperhatikan lagi. Melalui grafis yang baik, pembuat konten dapat mengemas konten dalam bentuk berbeda, menonjol, dan menarik yang pastinya mampu menarik perhatian. Ini termasuk strategi marketing yang baik selain hanya mengandalkan content marketing.

          Itulah beberapa hal dari strategi marketing yang mengandalkan konten. Dengan konten yang baik, pemilik produk akan terbantu untuk tetap berada pada jalur pemasaran yang tepat.
 
REFERENSI

______. 2016. Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Besar dan Bisa Dikerjakan Dari Rumah (https://www.maxmanroe.com/peluang-bisnis-online-tanpa-modal-besar-dan-bisa-dikerjakan-dari-rumah.html diakses pada 28 Februari 2016)


Dhiar. 2014. Strategi Marketing: Bagaimana Cara Membuat Konten yang Menarik (http://blog.sribu.com/2014/07/15/strategi-marketing-bagaimana-cara-membuat-konten-yang-menarik/ diakses pada 28 Februari 2016)



KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS 1



MEMBUKA PELUANG BISNIS

DENGAN MENDIRIKAN USAHA JUS BUAH

Adelia Putri
15.02.9026
D3 Manajemen Informatika
STMIK Amikom Yogyakarta 


ABSTRAK

Bisnis adalah aktivitas usaha yang akan mendatangkan profit atau laba. Bisnis itu penting, karena melalui kegiatan bisnis suatu perusahaan akan dapat memenuhi setiap kebutuhan (needs) dan keinginan (wants) dari masyarakat konsumen yang beranekaragam, sehingga konsumen merasa terpuaskan (customer satisfaction).
Buah adalah makanan yang memiliki banyak rasa dari manis dan asam, kandungan gizi yang terdapat dalam buah ini sangat menyehatkan tubuh. Banyak dari berbagai kalangan menyukai buah dengan cara makan yang bervariasi mulai dari yang dimakan langsung, di olah menjadi makanan atau dibuat jus.
                 Dengan cuaca di Indonesia yang panas maka buah-buahan ini pun mampu meredakan rasa haus yang di rasakan. Salah satu cara yang cukup menyegarkan untuk menikmati buah ini yaitu dengan membuatnya menjadi jus buah yang segar. Dengan sensasi makan yang lebih segar dan berbeda dengan cara makan buah pada umumnya makan jus buah ini pun bisa di jadikan salah satu peluang yang bagus jika di jalankan.
                 Bisnis jus buah adalah salah satu ide yang sangat tepat untuk dijadikan bisnis dengan modal yang diperlukan tidak terlalu tinggi namun jika berhasil maka keuntungan yang didapatkan pun bisa sangat besar. Untuk membuka peluang ini perlu menentukan lokasi yang strategis untuk membuka usaha, waktu yang paling baik untuk membuka usaha, Sumber Daya Manusia yang menjadi target usaha, langkah memulai usaha jus buah.
 
Membuka Peluang Bisnis dengan Mendirikan Usaha Jus Buah

ISI

A. Jenis Usaha yang Akan dilakukan
                 Buah adalah makanan yang memiliki banyak rasa dari manis dan asam, kandungan gizi yang terdapat dalam buah ini sangat menyehatkan tubuh. Banyak dari berbagai kalangan menyukai buah dengan cara makan yang bervariasi mulai dari yang dimakan langsung, di olah menjadi makanan atau dibuat jus. Aneka macam buah-buahan ini memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh sehingga banyak yang menyukai buah ini dan memakannya pada menu makan mereka. Makanan dengan rasa manis dan asam alami ini sangat bagus di konsumsi untuk menunjang aktivitas sehari-hari.
                 Dengan cuaca di Indonesia yang panas maka buah-buahan ini pun mampu meredakan rasa haus yang di rasakan. Salah satu cara yang cukup menyegarkan untuk menikmati buah ini yaitu dengan membuatnya menjadi jus buah yang segar. Dengan sensasi makan yang lebih segar dan berbeda dengan cara makan buah pada umumnya makan jus buah ini pun bisa di jadikan salah satu peluang yang bagus jika di jalankan.
                 Bisnis jus buah adalah salah satu ide yang sangat tepat untuk dijadikan bisnis dengan modal yang diperlukan tidak terlalu tinggi namun jika berhasil maka keuntungan yang didapatkan pun bisa sangat besar.
    
B. Lokasi yang Strategis untuk Membuka Usaha
            Hampir sebagian besar usaha memerlukan lokasi usaha, kecuali beberapa usaha tertentu. Pemilihan lokasi usaha sangat penting dan dapat menentukan keberhasilan usaha itu sendiri. Lokasi usaha yang strategis akan meningkatkan peluang kunjungan dari calon pembeli.
            Jadi untuk lokasi membuka usaha jus buah ini kami memilih lokasi yang strategis dengan menyewa sebuah kios. Tidak harus di pinggir jalan besar  yang notabene memiliki harga sewa tinggi, tapi yang terpenting ramai atau sering dilalui banyak orang. Untuk itu kami memilih lokasi didekat kampus, komunitas mahasiswa, sekolahan, dan perkantoran.
            Setelah menentukan lokasi yang sesuai, baik dari segi biaya maupun tingkat kestrategisannya, maka selanjutnya adalah mendesin lokasi tersebut sedemikian rupa sehingga dapat menarik calon pembeli. Mulai dari desain interior seperti meja, kursi, dan gerobak buah hingga peralatan penyaji yang menarik dan unik. Tidak lupa mempercantik ruangan dengan menambahkan ornamen-ornamen yang menimbulkan keindahan dan dapat dimanfaatkan pula untuk berfoto, sehingga pelanggan merasa nyaman dan tertarik untuk datang kembali.

C. Waktu yang Paling Baik untuk Membuka Usaha
            Untuk membuka usaha jus buah ini waktu yang paling baik adalah pada saat musim kemarau atau musim panas. Tentunya jika semua persiapan juga sudah siap. Musim kemarau sangat cocok karena saat panas tubuh membutuh asupan air agar tubuh tidak dehidrasi. Saat cuaca panas juga, makanan dan miniman dingin justru disarankan untuk mengontrol suhu tubuh. Dengan demikian jus buah cocok dikonsumsi saat musim panas.

D. Sumber Daya Manusia yang Menjadi Target Usaha
            Usaha jus buah tentunya menjual jus buah kepada para konsumen. Jadi dalam usaha ini yang menjadi target penjualan adalah semua orang. Usaha jus buah ini bisa mencakup semua kalangan dan golongan umur, karena jus buah sangat sehat untuk semua orang dan tidak memiliki efek samping (kecuali orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu ).

E. Alasan Membuka Usaha
            Alasan membuka usaha jus buah, antara lain :
1. Jus buah dibutuhkan oleh banyak orang
       Jus buah banyak disukai orang karena rasanya yang enak dan segar. Bahkan bagi beberapa orang, jus buah sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Terutama saat musim panas, tubuh membutuhkan asupan yang menyegarkan, dan jus buah adalah salah satu solusi yang tepat.
2. Jus buah merupakan minuman kesehatan
Setiap orang memerlukan nutrisi yang terkandung dalam buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh sehari-hari. Jus buah dan sayur adalah jenis minuman yang kaya akan kandungan serat dan khasiat buah.
3. Usaha jus buah menguntungkan
       Membuka usaha jus buah dapat mendatangkan profit atau laba, karena untuk melaksanakan usaha ini dibutuhkan modal yang tidak terlalu banyak, namun dapat mendatangkan keuntungan yang tinggi.

F. Langkah Memulai Usaha Jus Buah
     1. Belajar membuat jus buah
       Jauh-jauh hari sebelum melaunching usaha jus buah sebaiknya belajar membuat jus buah untuk mengetahui takaran yang pas dalam sajian 1 cup jus. Takaran yang pas dapat dijadikan patokan atau resep agar cita rasa jus buah yang akan dijual tetap terjaga, misalnya tingkat rasa kemanisan dan banyaknya serat dari masing-masing buah yang dijadikan jus. Jus buah yang dibuat pun tidak asal-asalan, tapi jus yang berbeda dari kebanyakan penjual jus agar orang tertarik.
2. Melakukan survey pasar
   Selain belajar membuat jus buah, tidak lupa pula untuk melakukan survey pasar untuk mengetahui minat konsumen terhadap jus buah yang akan dijual. Sebagai perbandingan, dapat melihat para penjual jus yang sudah lebih dahulu membuka usaha jus buah. Dengan melihat mereka tentunya dapat dikira-kira minat konsumen itu seperti apa dengan melihat tingkat kelarisan dan ramainya penjualan.
3. Survey lokasi dan menentukan lokasi yang strategis
Selanjutnya adalah survey lokasi yang strategis untuk memasarkan jus buah. Karena lokasi yang strategis akan meningkatkan tingkat kunjungan dari calon pembeli. Dalam perencanaan ini, kami memilih untuk menyewa kios sebagai lokasi. Tidak harus di pinggir jalan besar  yang notabene memiliki harga sewa tinggi, tapi yang terpenting ramai atau sering dilalui banyak orang. Untuk itu kami memilih lokasi didekat kampus, komunitas mahasiswa, sekolahan, dan perkantoran.
4. Menyiapkan tempat yang telah dipilih sebagai lokasi pemasaran
Setelah menentukan lokasi yang sesuai, baik dari segi biaya maupun tingkat kestrategisannya, selanjutnya adalah mendesain tempat menjadi sedemikian rupa menarik sebagaimana penjelasan dari poin B. Seperti memperindah tempat agar lokasi membuat pelanggan nyaman dan menarik untuk berfoto. Dan yang tak kalah penting mempersiapkan alat dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjual jus.
5. Mencari pemasok buah
Langkah selanjutnya adalah mencari tempat pemasok buah. Hal ini agar jus buah yang disajikan segar terus. Pilih pemasok yang kita percaya dan usahakan mendapat potongan harga agar biaya produksi bisa lebih rendah.
6. Memulai promosi untuk mendapatkan pelanggan
Jika dari segi persiapan sudah terpenuhi semua, dan benar-benar siap. Saatnya melakukan promosi agar konsumen tertarik. Promosi bisa dengan cara membuat selebaran yang disebarkan ke sekolah-sekolah, kantor, kampus, pasar, atau pun instansi lainnya. Bisa juga melalui sosial media, yang penting berpeluang mendapatkan target pelanggan.
7. Memperhatikan keterjangkauan harga
       Untuk menentukan harga jual tidak seenaknya, tapi dengan pertimbangan modal agar tidak mengalami kerugian. Harga yang dipatok juga tidak terlalu jauh dengan harga pasar.
8. Menjaga kebersihan dan kualitas produk
       Menjaga kebersihan produk itu penting agar barang yang kita jual tetap higienis. Selain itu tidak menimbulkan penyakit, agar esensi jus buah yang merupakan minuman kesehatan tetap terjaga. Begitu juga kualitasnya, harus diperhatikan agar mendapat kepercayaan dari konsumen.
9. Menjaga kualitas pelayanan
Dari segi kelengkapan, dapat menawarkan free hotspot supaya semakin menarik pelanggan. Terutama bagi kalangan pelajar dan yang suka menggunakan fasilitas internet. Sedangkan dari segi pelakunya, penjual melayani pembeli dengan sepenuh hati dan ramah. Salah satunya adalah dengan mengenali pembeli dengan menghafal namanya, karena hal ini dapat menyenangkan pelanggan dan pelanggan merasa dihargai. Pembeli yang puas dengan pelayanan kita bisa saja akan menjadi pelanggan.


REFERENSI

Maemunah, Mei. 2015. Dasar Manajemen dan Bisnis.

(http://elearning.amikom.ac.id/index.php/materi/190302042-DM050-2/Mei%20Maemunah,%20SH,%20M.M/DASARMANAJEMENBISNIS diunduh 25 Februari 2016)

______. 2015. Minuman Sehat. (http://www.konsultankolesterol.com/minuman-sehat.html diunduh 25 Februari 2016 )