Friday, March 4, 2016

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS 3



KREASI SOVENIR BERBAHAN KAIN FLANEL
DENGAN PEMASARAN ONLINE

Adelia Putri
15.02.9026
D3 Manajemen Informatika
STMIK Amikom Yogyakarta


ABSTRAK
            Produk-produk kerajinan dari kain flannel selalu laris di pasaran. Dari mulai gantungan kunci, boneka, tempat tisu, sarung ponsel, dompet, pigura, tempat pensil sampai pada bros penghias jilbab. Oleh karena itu, kreasi kerajinan flanel merupakan salah satu peluang usaha yang prospek bisnisnya sangat menjanjikan. Minat pasarnya yang cukup besar dan melimpahnya persediaan bahan baku di pasaran, menjadikan bisnis kreasi kerajinan flanel ini mulai dilirik para pemula untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya. Apalagi jika Anda menggunakan sistem online, maka konsumen yang akan melihat barang dagangan Anda semakin besar sehingga peluang terjual juga semakin besar.



ISI
Hobi membuat kerajinan dari kain flannel salah satu keterampilan yang dapat dimanfaatkan dengan baik jika jeli dan kreatif. Kain flanel yang sering disepelakan tersebut bisa mendatangkan bajir rezeki yang tidak terbayangkan. Apalagi ditunjang dengan pemasaran online, Tidak perlu repot-repot menyewa tempat usaha dan mengularkan banyak biaya. Hanya tinggal duduk di depan komputer, berselancar di dunia maya, dan strategi jitu, maka kerajinan laris manis.
Produk-produk kerajinan dari kain flannel selalu laris di pasaran. Dari mulai gantungan kunci, boneka, tempat tisu, sarung ponsel, dompet, pigura, tempat pensil sampai pada bros penghias jilbab. Oleh karena itu, kreasi kerajinan flanel merupakan salah satu peluang usaha yang prospek bisnisnya sangat menjanjikan. Minat pasarnya yang cukup besar dan melimpahnya persediaan bahan baku di pasaran, menjadikan bisnis kreasi kerajinan flanel ini mulai dilirik para pemula untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya. Apalagi jika Anda menggunakan sistem online, maka konsumen yang akan melihat barang dagangan Anda semakin besar sehingga peluang terjual juga semakin besar.

Cara Mudah Memulai Bisnis Kerajinan Kain Flanel Online
Berikut ini cara mudah memulai bisnis kerajinan kain flannel online:
1.      mempersiapkan modal awal, pembelian bahan, pembuatan model, hingga penentuan harga.
2.      Buat model produk sebanyak mungkin tetapi dengan jumlah yang sedikit saja, di mana saja dan kapan saja. Jumlah yang sedikit dilakukan untuk mengantisipasi kerugian akibat tidak laku.
3.      Buat blog (web). Bisa dibuat di layanan penyedia blog gratis atau juga membeli alamat web berbayar. Hal ini dilakukan sebagai alat/tempat menjual barang dagangan Anda secara online. Pastikan di blog/web tercantum alamat, nomor telepon, email, facebook, twitter, atau akun lain agar mudah dihubungi.
4.      Posting foto-foto dari produk yang sudah dibuat. Beri keterangan sedetail mungkin. Dari mulai ukuran, harga, warna, dan lain-lainnya. Pastikan Anda selalu meng-update blog dan produk-produk barang dagangan Anda.
5.      Berikan penawaran menerima jasa pembuatan produk yang customize, yaitu sesuai dengan keinginan konsumen. Baik dari segi warna, bentuk, ukuran, dan juga model.
6.      Upgrade kemampuan Anda dengan mengikuti kursus atau workshop kerajinan yang Anda geluti ini. Agar mudah mendapatkan info mengenai kursus dan workshop ini, bergabunglah dengan komunitas penggemar/pembuat kerajinan ini yang ada di facebook, milist, atau juga klub offline.

Kunci Sukses Bisnis Kerajinan Kain Flanel Online
Bisnis kerajinan dari kain flannel secara online sudah banyak, Anda harus bisa bersaing dengan mereka. Oleh sebab itu, simaklah kunci sukses dari bisnis ini (Septi Widyastuti (2011):
1.      Strategi pemasaran dengan optimasi blog. Sebagian besar pengguna internet mencari informasi melalui search engine seperti Google, Yahoo, MSN dll sesuai dengan keyword atau kata kunci yang diinginkan atau dikenal dengan istilah SEO (Search Engine optimization). Umumnya pengguna hanya akan mengklik link yang teratas dari hasil pencariannya atau setidaknya link yang ada pada halaman pertama saja. Supaya blog kerajinan flannel anda bisa tampil di halaman depan, optimasi terhadap blog perlu dilakukan agar strategi pemasaran berhasil.
2.      Memanfaatkan jaringan social. Jaringan sosial atau salah satu yang sudah dikenal seperti Facebook, Friendster, Twitter dan media sejenisnya dapat dimanfaatkan dalam strategi pemasaran. Saat ini Facebook dan Twitter sedang marak dimanfaatkan untuk promosi.
3.      Forum atau komunitas. Forum atau tempat diskusi lainnya menjadi media yang efektif sebagai alat promosi bisnis secara online .Dengan memanfaatkan tool signature yang diberikan oleh pemilik forum dengan link menuju blog kerajinan kain flannel ANda.
4.      Promosi bisnis melalui iklan gratis. Banyak sekali iklan gratis di internet yang artinya anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengiklankan usaha kerajinan kain flanel, hanya perlu registrasi dan menuliskan iklan.
5.      Memasang banner di situs lain. Pemasangan banner di situs yang memiliki banyak pengunjung tentu bisa menarik banyak pengguna internet untuk berkunjung ke situs kerajinan flannel Anda. Pertukaran banner dengan situs sejenis juga dapat membantu optimasi blog.
6.      Pemasangan backlink di web lain. Pemasangan backlink kerajinan flannel Anda dalam bentuk teks ataupun gambar. Dalam bentuk gambar dapat berupa banner.
7.      Meminta review produk. Review atau meminta opini merupakan salah satu strategi pemasaran secara online yang sedang ramai. Mintalah review dari pemilik blog lain terhadap web Kerajinan flannel Anda utuk di tampilkan di blog mereka.

 LAMPIRAN
Beberapa contoh kreasi kain souvenir berbahan kain flanel yang pernah saya buat








REFERENSI
Suyanto. 2004. SMART in Enterpreneur. Yogyakarta : Penerbit ANDI


Thursday, March 3, 2016

Mensyukuri Lelah

Gn. Jenggrik, Kismantoro, Wonogiri

Lelah?
Pernah merasa lelah?
Ya, setiap orang pasti pernah merasa lelah...

Lelah sekolah,
Lelah Kuliah,
Lelah Kerja

Jika lelah melanda, apa yang akan terjadi???
nah, dari lelah-lelah itu, nggak sedikit orang yang bakal berujung dengan yang namanya "mengeluh"

ng... mengeluh?
coba ya kita inget-inget lagi

Lelah sekolah, banyak PR, ulangan harian dadakan, ulangan semester, remidi
Lelah Kuliah, banyak tugas, final project, bingung Tugas Akhir, skripsi nggak kelar-kelar
Lelah Kerja, berangkat pagi buta, pulang gelap gulita

terkadang itu semua melelahkan, memang.
Tapi coba pikirkan mereka-mereka yang nggak bisa sekolah,
mereka yang nggak dapet kesempatan kuliah,
mereka yang tak kunjung mendapat pekerjaan

maka bersyukurlah, masih bisa merasakan lelahnya sekolah, masih bisa merasakan lelahnya kuliah, masih bisa merasakan lelahnya bekerja
Nikmati saja lelahmu, selagi masih bisa merasakannya
Jadikan lelahmu berkah,
Syukuri lelahmu
lelah tapi bahagia

seseorang pernah bilang,
"Lelah jangan dirasakan, jika sakit istirahat"

Baca postingan lain juga yaa.. ;)  #SharingYuk#

STMIK Amikom Yogyakarta "A New Dynamic Private Higher Education"

STMIK AMIKOM Yogyakarta
"A New Dynamic Private Higher Education" oleh UNESCO



Gambar. Gedung 1 STMIK Amikom Yogyakarta

STMIK AMIKOM Yogyakara (amikom.ac.id) yang dikenal dengan kampus ungu merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Jl. Ring Road Utara, Condong Catur, Depok -Sleman, Yogyakarta, Indonesia.

Salah satu kebanggaan STMIK AMIKOM Yogyakarta, Badan Pendidikan PBB UNESCO menjadikan STMIK AMIKOM Yogyakarta sebagai contoh salah satu perguruan tinggi swasta di dunia dalam A New Dynamic Private Higher Education.

World Conference on Higher Education pada tahun 2009 membahas tentang berbagai isu dan trend pendidikan di berbagai negara. Muncul sebuah trend di negara-negara berkembang yaitu tumbuhnya penyelenggaraan perguruan tinggi non-pemerintah yang sangat pesat. Pola pembiayaan penyelenggaraan pendidikan baik dari pemerintah dan swasta kemudian diklasifikasikan oleh UNESCO menjadi 11 kategori. Dari ke sebelas kategori ini UNESCO mengambil beberapa universitas dari seleuruh dunia.

Salah satu universitas dunia Harvard University masuk dalam kategori ke 8 yaitu lembaga swasta dengan berbasis proyek subsidi pemerintah. Melalui penelitian dana hibah untuk bersaing, konsultasi, pelatihan program atau proyek untuk tujuan tertentu, Harvard University memperoleh pembiayaan pendidikan. Ini adalah kasus umum di Amerika Serikat, di mana banyak universitas swasta mendapatkan dana pemerintah cukup besar melalui kompetitif hibah.

Sedangkan STMIK AMIKOM Yogyakarta masuk menjadi kategori ke sebelas yaitu lembaga pendidikan swasta yang sama sekali tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Sebagian besar perguruan tinggi swasta di dunia masuk dalam kategori ini. Namun yang membuat STMIK AMIKOM Yogyakarta ini unik dan dianggap berbeda oleh UNESCO adalah pembiayaan pendidikan perguran tinggi ini selain berasal dari dana peserta didik juga berasal dari berbagai unit bisnis yang dikelola secara entrepreneur. Unit bisnis yang banyak ini juga menjadi tempat magang bagi para mahasiswanya untuk mendapatkan pengalaman.

Prof. Dr. M. Suyanto, MM selaku ketua STMIK AMIKOM Yogyakarta sangat bersyukur dengan prestasi ini. “Saya sangat bersyukur ternyata STMIK AMIKOM Yogyakarta disejajarkan dengan berbagai universitas kelas dunia”.

Berikut sumber dari UNESCO

Gambar. STMIK Amikom dalam document UNESCO

Atau download PDF UNESCO DI SINI

Visit web AMIKOM :



amikom.ac.id
#ARTIKEL#