Thursday, January 23, 2020

Review Novel Ganjil Genap (Almira Bastari)

GANJIL GENAP - Almira Bastari


Blurb

Gimana rasanya diputusin setelah berpacaran selama tiga belas tahun?

Hidup Gala yang mendadak jomblo semakin runyam ketika adiknya kebelet nikah! Gala bertekad pantang lajang menjelang umur kepala tiga. Bersama ketiga sahabatnya, Nandi, Sydney, dan Detira, strategi pencarian jodoh pun disusun. Darat, udara, bahkan laut "disisir" demi menemukan pria idaman.

Akankah Gala berhasil menemukan pasangan untuk menggenapi hari-hari ganjilnya?

Review

Kak Almira Bastari lagi lagi berhasil membuatku membabat habis bukunya dalam sehari seperti buku sebelumnya yang berjudul "Resign!" dan "Meulbourne (Wedding) Marathon".

Ganjil Genap. Wah.. dari judulnya aja udah ear-catching nggak sih?
Ketika nemu cerita ini di wattpad, aku langsung tertarik. Selain karena nama pengarangnya, judulnya yang unik bikin penasaran. Bikin bertanya-tanya, 'ini ganjil genap yang aturan lalu lintas itu???'.
Dan, yap betul, Ganjil Genap yang itu. Ide ceritanya yang diangkat menarik banget. Bercerita tentang Ganjil Genap dalam artian yang sebenarnya dan analogi/implementasinya di perjalanan Gala yang sedang mencari pasangan untuk menggenapi hari-hari ganjilnya, pasca diputusin Bara setelah berpacaran selama 13 tahun.
Perkara putus setelah 13 tahun berpacaran ini membuatku nebak-nebak apakah ceritanya nanti seputar pencarian jodoh Gala atau malah berputar soal usaha balikan sama mantan.

Putus setelah 13 tahun pacaran, umur mau 30, dan adik tiba-tiba ngebet mau nikah dalam waktu dekat. Jangan lupa, Gala itu perempuan. Kebayang kan gimana tanggapan keluarga dan orang-orang??? Ini yang bakal menjadi permasalahan yang relate di kehidupan kita. Bahkan aku pun juga ngrasain.

Yang bikin penasaran juga, bakal kaya apa usaha Gala dalam mencari jodoh? Dan ternyata sesuai blurb, Gala yang akan menyisir darat, udara, bahkan laut demi menemukan pria idaman itu benar-benar dilakukan dalam artian yang sesungguhnya, wkwk.

Menggunakan sudut padang orang pertama dengan gaya bercerita yang asik, buku ini menyenangkan untuk diikuti. Setiap chapter terasa seru. Bersama para sahabatnya, strategi-strategi pencarian pasangan untuk Gala digencarkan. Berbagai akal bulus dari sahabatnya pun dilancarkan. Dari sini, sedikit banyak juga memberi strategi pdkt yang bisa dipelajari para jomblo, hihi.

Ceritanya mengalir dan bikin gabisa berhenti baca. Ada aja yang menarik. Mulai dari strategi pdkt tadi, fakta-fakta tentang cowok -yang katanya suka tantangan dan butuh drama dalam sebuah hubungan 😏- , hingga trik anti tilang ala Gala. Adegan Gala meledak nangis-nangis pas ditilang itu memorable banget sih! 😂
Misi Gala dalam pencarian jodoh tidak selalu lancar. Gala seringkali dihadapkan dengan cowok yang bukan kriterianya. Namun dari sekian cowok 'aneh' dan nggak jelas, Gala justru nggak sengaja ketemu Mas Aiman yang 'berbeda' dan akhirnya menarik perhatiannya. Mas Aiman yang manis dengan rayuan dan perhatiannya, heuuu.
Lalu apakah Mas Aiman yang akan menjadi pasangan Gala??? hmmm...

Yang membuatku terkejut, apa yang yang kuduga-duga dan kuharapkan dari awal cerita kejadian beneran. Yaitu kemunculan (lagi) Bara di tengah-tengah cerita. Hal ini membuatku ikut merasa 'plong'. Selega itu melihat Gala berhasil mengungkapkan segala unek-unek dan rasa sakitnya atas perlakuan Bara yang.. sumpah, sangat sampah! Di sini aku salut dengan keputusan yang diambil Gala. Ikut deg-degan waktu adegan itu. Gala mampu mempertahankan pendiriannya dan menemukan apa yang dia mau. Gak kebayang kalau aku yang di posisi Gala, pasti bakal goyah, haha. Gala, I stand you!

Novel ini memang nggak se-seru "resign!", namun tetep relate banget sama sekitar kita dan pesannya itu rasanya nyampai banget. Banyak 'hikmah' yang bisa diambil dari kisah patah hati Gala.  Meskipun aku kurang suka dengan karakter Gala, aku suka dengan keputusan-keputusan yang dia ambil. Bahwa memang ada hal-hal yang nggak bisa kita paksain. Perkembangan karakter Gala itu keren! Di sini rasanya seolah-olah aku ikut tumbuh bersama Gala. Ikut lega dan 'plong' dengan yang dialaminya. Memahami posisinya, yang awalnya tujuannya mencari pasangan, nyatanya lebih butuh ikhlas dan 'sembuh' dulu. Bahkan mampu menemukan apa yang Gala mau. Self Acceptance yang keren. Ternyata selega itu berdamai dengan diri sendiri.

Ending dari novel ini menurutku sangat realistis. Aku biasanya kurang suka dengan ending yang tidak sesuai harapan gini. Tapi ini benar-benar ending yang bisa diterima. Aku bersyukur Kak Almira tidak membuat kebahagian dengan membuat perubahan yang 'dipaksakan' pada karakter tokohnya. Aku mendukung bagaimana Kak Almira nggak mengarahkan alurnya menjadi cerita metropop 'biasanya' dan jatuhnya jadi menye-menye. Eksekusi kak Almira mantap. Ganjil Genap adalah buku yang menyenangkan. Buku ini akan membawa pembaca menemani Gala yang lagi berjuang sembuh dari patah hati. Recommended dan bisa dibaca oleh cewek maupun cowok. Overall, I love this book! 💛

-------------------------------------------------------------
Judul: Ganjil Genap
Penulis: Almira Bastari
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Genre/kategori: Novel, Fiksi Metropop
ISBN: 9786020638010
Tahun terbit & cetakan: 2020/ I
Jumlah halaman: 344 hlm
Harga buku: Rp.95.000,-
--------------------------------------------------------------
#BOOK REVIEW#

No comments:

Post a Comment