Wednesday, March 18, 2020

Review Novel Back To You (Aqessa Aninda)

Back To You - Aqessa Aninda



Blurb

Setelah empat tahun berusaha mengetuk pintu hati Adrie, Emir akhirnya memiliki gadis itu. 

Setelah menjalani hubungan selama tiga tahun, Adrie mengakhiri hubungan itu. 

Setelah dua tahun berpisah, Adrie bertemu kembali dengan Emir. Ketika Adrie menyadari apa yang telah dia sia-siakan, Emir benar-benar sudah merasa lelah. Adrie pun mengambil langkah yang tak pernah dia pikirkan sebelumnya. Kali ini, saatnya Adrie yang berjuang.

Review

Yeayyy, finally kesampean juga nge-review buku terbarunya Kak Echa, penulis favoritku!
Awalnya ditahan-tahan buat nggak membaca novel ini, padahal udah dibela-belain ikut PO. Dengan tekad harus namatin dulu Runaway From You, novel prekuelnya yang mana masih on going di platform storial. Tapi, hah.. aku sudah nggak tahan! wkwkwk.

Sebelumnya sempet dibuat kesel.
Aku memang cukup terlambat tahu Runaway From You-prekuelnya Back To You- di wattpad. Juga perlu berpikir ulang untuk memutuskan baca tulisan kak Echa tentang Emir-Adrie ini, karena aku pikir ini tipe tulisannya bakal beda banget dengan universe-nya SKDPL. Ya walapun ujungnya aku baca juga sih. Tapi...pas udah mulai enjoy dapet beberapa episode, pas udah mulai kesemsem sama Emir. Besok paginya pas mau lanjutin, isinya ilang semua di wattpad! Antara mau ngakak sama jengkel, kok bisa bercanda banget waktunya wey, wkwkw. Ternyata RFY ini emang mau dipindahin ke Storial, yang mana kalau mau baca di sana harus pakai koin. Kalau diakumulasi, rupiah yang kukeluarkan buat baca, udah setara harga buku kali ya? Aku berharap besok kalau prekuelnya ini nyusul diterbitin, yang udah langganan di storial bakal dikasih diskon bukunya gitu :( *ngarepppp! 😂

Malah curcol kaan! Back to review 👇

Back To You adalah sekuel dari novel kak Echa yang berjudul Runaway From You.
Di novel ini, untuk pertama kalinya aku baca karya kak Echa yang menggunakan sudut pandang orang pertama. Dan sepertinya sebelumnya, gaya tulisannya tetep asik!

Nggak butuh waktu lama untuk menyelesaikan baca novel ini. Aku bahkan cuma membutuhkan beberapa jam sebelum tidur, lalu kelar 👌

Masih sama, karya kak Echa nggak pernah mengecewakan. Aku suka sama novel ini. Di dalamnya, seolah menyampaikan bahwa tokoh-tokohnya itu ya cuma manusia biasa, dengan segala tingkahnya yang sangat manusiawi, yang bisa bikin kesel, jengkel, marah, punya ego yang tinggi, tapi di sini kita melihat kekurangan-kekurangan tersebut dari sisi lebih dekat, sehinga bisa menerima dan mengerti 'kenapa seperti itu'. Misalnya Scene-scene Emir-Adrie yang seharusnya 'nggak boleh terjadi' di saat masing-masing udah punya kehidupan sendiri itu terlalu arghhh! 😂 ya as always karya kak echa sebelum-sebelumnya. But i love it.. yeah nobody perfect.

Aku suka banget ngelihat gimana tokoh-tokohnya saling terhubung. Keterkaitan cerita antara Emir, Adrie, Adik emir, dan sahabat mereka kelihatan rapih banget, padahal pakai sudut pandang orang pertama.

10 tahun banget ya kisahnya? Perjalanan yang panjang.
Tapi percayalah, nggak butuh waktu lama untuk jatuh cinta sama chemistry emir-adrie ini.

Aku jadi ikut terharu.
Kalau di RFY terharu karena 'akhirnya ya Emir, setelah sekian lama, perjuanganmu ngejar-ngejar Adrie nggak sia-sia dan berbuah manis'.
Di BTY ini aku terharu karena 'watak Adrie yang dulu sering bikin jengkel, sekarang udah dewasa ya' ditambah sekarang Adrie yang balik berjuang. Ngelihat mereka sama-sama berjuang itu kayak hih.. gemes.

Proses panjang dari mereka masih unyu dengan genre young adult sampai ke genre fiksi dewasa ini bisa membuat pembaca banyak belajar. Rasanya aku pun ikut belajar dewasa dan tumbuh bersama Adrie. Perkembangan karakter Adrie rasanya pas. Adrie yang nggak ujuk-ujuk dewasa gitu aja, tapi karena memang sudah menjalani proses yang panjang.

Favorite value:

  • Hubungan yang dimulai dengan cara yang nggak baik akan berakhir dengan nggak baik juga.
  • Sebenernya kita itu nggak pernah sendiri. Selalu ada orang-orang di dekat kita. Kadang kita-nya aja yang nggak pernah bilang atau menunjukkan kalau kita butuh mereka. Ya gimana mereka bisa tahu?
Meskipun sebagus itu, tapi ada sedikit  yang mengganjal dibenakku sebagai pembaca *hilih. Dari tiga buku kak echa sebelumnya sampai Back To You ini, selalu 'disisipi' premis 'si tokoh utama belum selesai  (perasaannya) kepada orang lama, kemudian mencoba menjalin hubungan baru dengan orang baru, tapi justru masih terlibat dengan orang lama dan hubungan barunya gagal'. Lah muter-muter? Wkwk. Intinya belum bisa move on, punya pasangan baru, tapi malah 'masih cinta/bahkan selingkuh', so hubungan barunya gagal.

But, I totally love and recommend this book :) Bagi yang belum baca RFY, nggak perlu khawatir, karena sekuel ini masih bisa dibaca tanpa prekuelnya 👌

I hope someday I'll find someone like Emir. someone who love me so much. Receiving me no matter how bad I am in the eyes of others, and I don't need to try hard to make him love me :)

--------------------------------------------
Judul: Back to You
Penulis: Aqessa Aninda
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
Genre/kategori: Fiksi/ City Lite
ISBN: 9786230014055
Tahun terbit & cetakan: 2020/ cetakan pertama (PO)
Jumlah halaman: 304 halaman
Harga buku: Rp.96.000,- (Bonus TTD, Totebag Kanvas, Blocknote)
---------------------------------------------
#BOOK REVIEW#

No comments:

Post a Comment